Breaking

Mampir di Dapur Terbuka Produsen Aneka Keripik Buah di Malang


keripik buah di malang
Aneka keripik buah di Malang 

Ada banyak sentra oleh – oleh khas Malang yang bisa dengan mudah kita temui. Terutama buah tangan yang diproduksi oleh Usaha Kecil dan Menengah di Malang. Baik itu pernak – pernik untuk souvenir hingga kudapan yang bisa dibagikan ke kerabat.

Salah satu oleh – oleh khas Malang berupa kudapan yang cukup populer adalah keripik buah. Di Kota Malang, ada banyak tempat skala Usaha Kecil dan Menengah yang bisa disinggahi untuk membeli cemilan ini. Salah satunya adalah rumah di Jalan Polowijen II nomor 359 Kota Malang. 

Di rumah ini, tampak etalase berisi penuh beragam keripik buah mulai apel, nangka, salak, mangga, belimbing, dan sebagainya. Tak hanya itu, manisan buah juga tersedia di rumah yang juga sekaligus berfungsi sentra oleh – oleh ini. Semua produk yang dijual berlabel So KressH.

Soal kualitas, ada bisa melihat langsung di rumah itu. Sebab, seluruh proses pembuatannya juga dikerjakan di rumah ini. Kita bisa melihat langsung produksi keripik di tempat ini. Apalagi rumah oleh – oleh berbadan hukum CV Kajeyee Food ini menerapkan sistem dapur terbuka. Atau istilah kerennya open kitchen. 

Sehingga kita bisa melihat dengan mata kepala sendiri, bagaimana proses sejak awal hingga pengemasan keripik dan manisan buah. Saya sendiri sempat menengok ruang produksi itu, dengan didampingi oleh Kristiawan, sang empunya rumah oleh – oleh. Penilaian saya, kebersihan sangat terjaga. 

“Konsep dapur terbuka bisa memberikan keyakinan pada konsumen soal kualitas produk kita. Karena bisa melihat langsung,” kata Kristiawan.

keripik buah di malang
Pembeli memilih aneka keripik buah di rumah oleh - oleh So SkressH

So KressH menyediakan seluruh varian kudapan itu untuk pembeli eceran maupun grosir. Baik membeli untuk dibawa pulang sebagai oleh – oleh, maupun membeli dalam jumlah besar untuk dijual lagi. Model grosir, Kristiawan siap menjual keripik tanpa label rumah produksinya.

Bahkan, keripik dan manisan buah dari industri rumahan milik Kristiawan ini juga sudah mengirim ke berbagai gerai oleh – oleh khas di Malang maupun Kota Batu. Bisa jadi keripik yang anda beli di beberapa sentra oleh – oleh itu sebenarnya produksi So KressH.

Aneka camilan berbahan baku buah ini dirintis Kristiawan sejak 1998 silam. Dari semula hanya memproduksi keripik nangka dan apel, kini sudah ada 20 jenis keripik sampai manisan buah yang diproduksi. 

Tak jauh dari rumah oleh – oleh ini, juga ada sebuah rumah lagi milik Kristiawan. Rumah itu dijadikan tempat pelatihan pembuatan keripik. Terbuka bagi siapa saja yang ingin belajar dan butuh pendampingan. “Mulai pelajar sampai pelaku usaha sering belajar di rumah pelatihan itu,” tutur Kristiawan.

Kristiawan sendiri termasuk salah satu pelopor UKM di Malang. Ia meraih berbagai apresiasi atas kiprahnya itu. Ia mendapat Penghargaan Upakarti kategori pelopor pada 2013 silam. Penghargaan One Village One Product (OVOP) pada 2015 dan banyak penghargaan lainnya.

keripik buah di malang
Brosur aneka keripik buah produksi So KressH





Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.